HAKI: Keunikan Merek Barang

Pengungkapan yang diajukan dengan permohonan paten sementara harus memenuhi persyaratan pemberdayaan undang-undang paten. Dengan kata lain, pengungkapan harus berisi detail yang cukup untuk menempatkan orang yang memiliki keahlian biasa di bidangnya yang terkait dengan penemuan dalam posisi mampu membuat penemuan tanpa membatalkan eksperimen. Oleh karena itu, pemohon yang bermaksud untuk mengajukan aplikasi sementara harus memasukkan haki sebanyak mungkin detail yang saat ini dimilikinya.

Ketika permohonan sementara diubah menjadi permohonan paten non-provisional, tidak ada hal baru yang dapat ditambahkan ke dalam permohonan paten non provisional. Artinya, apabila hal tersebut diungkapkan dalam permohonan paten non provisional yang tidak diungkapkan dalam permohonan paten sementara, maka pemohon akan mendapatkan dua tanggal pengajuan. Tanggal pengajuan pertama akan berlaku untuk masalah yang diungkapkan dalam aplikasi paten sementara sedangkan tanggal kedua akan berlaku untuk masalah baru yang diungkapkan dalam aplikasi paten non-sementara.

Permohonan paten sementara tidak diperiksa oleh Kantor Paten dan Merek Dagang AS dan hanya bertindak sebagai pemegang tempat untuk memesan tanggal pengajuan yang lebih awal. Akan tetapi, jika Permohonan Paten Nonprovisional yang berasal dari Permohonan Sementara menjadi paten dan diajukan ke pengadilan, Permohonan Paten Sementara tersebut menjadi bagian dari arsip riwayat paten. Akhirnya, permohonan paten sementara dapat digunakan untuk memperoleh tanggal pengajuan awal, dengan biaya minimal, dan juga untuk mengeksplorasi pasar penemuan selama tertunda permohonan paten sementara. Jika pada akhir dua belas bulan, tampaknya penemuan tersebut tidak menguntungkan, pemohon dapat membiarkan permohonan paten sementara ditinggalkan begitu saja.

Secara berkelanjutan, direkomendasikan bahwa permohonan paten sementara diajukan pada awal proses penemuan / pengembangan produk dan untuk mengajukan provisi tindak lanjut saat produk dikembangkan. Pada akhir periode satu tahun dari permohonan yang diajukan paling awal, atau lebih awal, provisi dapat digabungkan dan diajukan sebagai permohonan paten non-provisional. Pada saat yang sama, keputusan pengarsipan asing perlu dibuat dan aplikasi diajukan. Pengajuan asing dapat mengambil salah satu dari beberapa bentuk. Perlindungan paten dapat diterapkan di negara yang diinginkan secara individual, aplikasi paten regional dapat diajukan atau aplikasi PCT (Patent Cooperation Treaty) dapat diajukan.

Sehubungan dengan pengajuan asing, saya akan merekomendasikan pengajuan aplikasi PCT (Patent Cooperation Treaty). Aplikasi PCT memungkinkan seseorang untuk menunjuk hampir semua negara asing sambil menunda keputusan, dan biaya, untuk jangka waktu yang cukup lama mengenai negara mana yang harus mendapatkan perlindungan paten.

Sebagaimana dinyatakan di atas, pada atau sebelum peringatan satu tahun pengajuan permohonan paten sementara, permohonan paten nonprovisional harus diajukan. Permohonan paten non-sementara adalah permohonan paten “nyata” karena akan diperiksa secara kritis di Washington, DC oleh Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Aplikasi non-sementara berisi spesifikasi yang memberikan uraian lengkap dan rinci dari penemuan, lingkungan sekitarnya, keuntungannya dibandingkan penemuan sebelumnya, dan satu atau lebih perwujudan yang disukai. Gambar disertakan, bila perlu, untuk memastikan pemahaman yang menyeluruh tentang penemuan. Spesifikasi diakhiri dengan satu atau lebih klaim yang berfungsi untuk menjelaskan secara lengkap dan tepat ruang lingkup invensi yang dimintakan hibah paten.

Aplikasi paten yang lengkap, bersama dengan biaya pengajuan, diteruskan ke Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat (USPTO) di Washington, DC untuk diperiksa. Jika pokok aplikasi dinilai dapat dipatenkan oleh USPTO, paten akan diberikan.

Dalam melaksanakan permohonan paten, inventor diminta untuk menandatangani Surat Pernyataan, Surat Kuasa, dan Permohonan. Untuk mencatat bahwa Perusahaan memiliki permohonan paten, paten dan invensi yang dijelaskan dan diklaim di dalamnya, penemu juga melaksanakan pada saat mengajukan permohonan paten, Penugasan. Tugas tersebut kemudian dicatat di Kantor Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat.

Aturan Kantor Paten mengharuskan kami untuk mengirimkan semua karya seni dokumenter sebelumnya yang kami ketahui, selama penuntutan aplikasi Anda. Cara penyampaian informasi ini ke PTO adalah melalui Pernyataan Pengungkapan Informasi (IDS).

Setelah aplikasi diterima di PTO, aplikasi tersebut ditugaskan ke Pemeriksa yang kemudian melakukan pencarian dari prior art Pemeriksa yang terdiri dari semua paten AS yang diterbitkan serta beberapa paten dan publikasi asing. Jika Pemeriksa mengungkap seni sebelumnya yang relevan dengan materi pokok yang diklaim dari aplikasi paten Anda, Tindakan Kantor akan mengeluarkan yang biasanya mencakup penolakan dari satu atau lebih klaim dalam aplikasi dan alasan Pemeriksa untuk penolakan ini. Selain menolak klaim atas prior art yang ditempatkan oleh Pemeriksa, Pemeriksa juga dapat menolak aplikasi karena alasan lain seperti informalitas, dan untuk mengungkapkan dan mengklaim lebih dari satu penemuan. Anda harus ingat bahwa itu tidak jarang, dan pada kenyataannya lebih mungkin daripada tidak, bahwa Pemeriksa akan mengutip paten yang diterbitkan terhadap aplikasi Anda yang tidak ditemukan dalam pencarian apa pun yang kami lakukan untuk Anda sebelum mengajukan aplikasi. Hal ini sebagian disebabkan oleh fakta bahwa apa yang dianggap relevan oleh Penguji mungkin sangat berbeda dari apa yang relevan saat pencarian dilakukan. Selain itu, dokumen yang terdapat di ruang pencarian Pemeriksa lebih lengkap dan lengkap dibandingkan dengan yang tersedia di ruang pencarian umum. Mungkin juga aplikasi diterbitkan sebagai paten setelah pencarian kami. Setelah menerima Tindakan Kantor dari Pemeriksa, penasihat akan meninjaunya dan melaporkan penerimaannya serta rekomendasinya. Hal ini sebagian disebabkan oleh fakta bahwa apa yang dianggap relevan oleh Penguji mungkin sangat berbeda dari apa yang relevan saat pencarian dilakukan. Selain itu, dokumen yang terdapat di ruang pencarian Pemeriksa lebih lengkap dan lengkap dibandingkan dengan yang tersedia di ruang pencarian umum. Mungkin juga aplikasi diterbitkan sebagai paten setelah pencarian kami. Setelah menerima Tindakan Kantor dari Pemeriksa, penasihat akan meninjaunya dan melaporkan penerimaannya serta rekomendasinya. Hal ini sebagian disebabkan oleh fakta bahwa apa yang menurut Penguji relevan mungkin sangat berbeda dari apa yang relevan saat pencarian dilakukan. Selain itu, dokumen yang terdapat di ruang pencarian Pemeriksa lebih lengkap dan lengkap dibandingkan dengan yang tersedia di ruang pencarian umum. Mungkin juga aplikasi diterbitkan sebagai paten setelah pencarian kami. Setelah menerima Tindakan Kantor dari Pemeriksa, penasihat akan meninjaunya dan melaporkan penerimaannya serta rekomendasinya.

Untuk melanjutkan penuntutan permohonan paten, kami harus menanggapi Tindakan Kantor dalam jangka waktu tertentu, atau aplikasi tersebut ditinggalkan. Pemohon biasanya dapat mengharapkan dua Tindakan Kantor selama penuntutan permohonan paten. Namun, perlu diingat bahwa ada kemungkinan bahwa aplikasi akan diterbitkan sebagai paten tanpa Tindakan Kantor. Jika kami berhasil menanggapi Tindakan Kantor yang diajukan oleh Pemeriksa dan kami menerima Pemberitahuan Kelonggaran yang menunjukkan bahwa aplikasi paten akan diterbitkan sebagai paten AS, gambar formal harus disiapkan serta pembayaran biaya penerbitan kepada Kantor Paten . Setelah masalah paten, biaya pemeliharaan harus dibayar secara berkala. Di Amerika Serikat, agar paten tetap aktif, biaya pemeliharaan harus dibayar pada 3,5, 7,5, dan 11,5 tahun.

Kadang-kadang, kami tidak dapat meyakinkan Pemeriksa bahwa klaim dalam aplikasi paten diperbolehkan melebihi art sebelumnya yang diterapkan olehnya. Dalam hal ini, kami dapat menghentikan penuntutan lebih lanjut atas aplikasi yang akan mengakibatkan pengabaiannya, atau dapat mengajukan banding ke Dewan Banding dan Gangguan Paten Amerika Serikat. Jika pemohon memutuskan untuk naik banding ke dewan, Pemberitahuan Banding harus diajukan terlebih dahulu. Setelah pemberitahuan diajukan, pemohon memiliki waktu dua bulan untuk menyerahkan Catatan Banding ke dewan. Pengarahan disampaikan terlebih dahulu kepada Pemeriksa yang terlibat dalam kasus tersebut, dan dia diberi kesempatan untuk menjawab. Bergantung pada jawabannya, pemohon dapat mengajukan Ringkasan Balasan untuk meninjau kembali masalah yang diangkat oleh Pemeriksa, atau tidak melakukan apa pun dan membiarkan Dewan memutuskan berdasarkan Banding dan Jawaban Pemeriksa yang semula diajukan. Jika keputusan yang menguntungkan diberikan dari Dewan, aplikasi tersebut kemudian akan diterbitkan sebagai paten. Jika keputusan yang tidak menguntungkan dijatuhkan, pemohon memiliki dua pilihan – membiarkan aplikasi ditinggalkan atau naik banding ke Pengadilan Distrik di Washington atau Pengadilan Banding untuk Sirkuit Federal.

Memelihara catatan tanggal penemuan dan apa yang ditemukan juga sangat penting. Penemu harus menyimpan buku catatan teknik yang mendokumentasikan proses penemuan dari konsepsi. Buku catatan ini harus disimpan di lokasi yang aman. Setiap halaman buku catatan harus disaksikan dengan meminta orang lain selain penemu menandatangani dan memberi tanggal halaman dan kemudian di bawah tanda tangan mereka, kata-kata “Baca dan Pahami” harus muncul. Orang yang menandatangani halaman tersebut juga harus menandatangani Perjanjian Kerahasiaan. Amerika Serikat adalah satu-satunya negara yang menggunakan sistem “orang pertama yang menemukan”. Ini berarti bahwa jika suatu paten menerbitkan dan entitas lain dapat membuktikan bahwa ia yang pertama kali ditemukan, klaim yang relevan dalam paten tersebut menjadi tidak valid.

 

 

Leave a Reply